Welcome....

selamat datang aja lah..

1 Mayıs 2011 Pazar

AYASOFYA SAKSI DUA PERADABAN

AYASOFYA
            Ngomongin Turki ga ngomongin ayasofya pasti kurang banget, karena bangunan yang punya sejarah panjang berabad-abad menjadi saksi pergantian zaman dan banyak kejadian.


            Ayasofya awal dibangun pada tahun 558 masehi  sebagai gereja dengan nama hagia sophia, tapi karena sering diguncang gempa pada tahun 26 oktober 986 pada masa kekaisaran justianus akhirnya direnovasi besar-besaran dan sampai pada penaklukan konstantinopel pada tahun 1453 oleh muhammad sultan al-fatih dari kekhalifahan usmaniyah, bangunan ayasofya diambil alih dan diubah menjadi masjid dengan beberapa perubahan, hingga pada tahun 1937 Mustafa kemal ataturk mengubah masjid ayasofya menjadi hingga sekarang..
Dan denganbegitu bangunan ini masih tegak berdiri hingga sekarang ini sebagai museum yang menjadi tujuan wisata turis dari berbagai belahan dunia, dan dengan begini bangunan ini telah menjadi saksi beberapa peradaban selama 1500 tahun lebih,
Dalam kunjungan pertama gue kesana sungguh luar biasa museum ini bener2 memperlihatkan bekas dua peradaban besar, islam dan kristen.dan yang luar biasa dari gedung ini adalah kubahnya yang besar berdiameter 30m dan tinggi 54 .. dengan 4 menara...

2 yorum:

  1. Subhanallah. mantap. insya Allah nanti saya menyusul ke sana. Perkenalkan, saya Ibnu Rusyd. Terdaftar sebagai murid asrama pusat UICCI Rawamangun Jakarta, mahasiswa s1 UNJ..

    YanıtlaSil
    Yanıtlar
    1. amin salam kenal juga ibnu.. heheh saya terusin lagi dah ngeblognya... sepertinya banyak mahasiswa asrama yang punya blog yaa..

      Sil